PASAMAN-- Nagari Simpang Tonang Utara Kecamatan Dua Koto, menjadi yang terbesar dalam penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga masyarakatnya di tahun 2024 ini. 

Sebanyak 25 persen dari 1785 KK Warga Simpang Tonang, diproyeksikan menerima BLT Dana Desa, dari tahap I hingga tahap III.

Sementara nagari lainnya di Pasaman umumnya menyalurkan BLT hanya sebesar 20 persen dari jumlah KK warganya, bahkan ada yang dibawah 20 persen.

Penyerahan BLT Dana Desa tahap II tahun 2024 (Mei s/d Juni) Nagari Simpang Tonang Utara dilaksanakan di aula Kantor Wali Nagari Simpang Tonang Utara, Jumat (12/7) dan dihadiri langsung Bupati Pasaman Sabar AS, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Kepala UPT Puskesmas, Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat setempat. 

Bupati Sabar AS dalam sambutannya memberikan apresiasi tinggi kepada Wali Nagari Simpang Tonang Utara, Otrinaldi, SPd., atas kepedulian mengalokasikan dana BLT 25 persen dari jumlah KK di nagari itu. 

"Simpang Tonang Utara saat ini tercatat sebagai salah satu nagari terbesar di Pasaman yang berkomitmen mengalokasikan Dana Desa untuk warganya dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai. Hal ini patut diapresiasi," ujar Bupati Sabar AS.

Kepada warga penerima BLT, diharapkan bupati untuk dapat menggunakan uangnya sesuai kebutuhan, sebagaimana tujuan program untuk membantu masyarakat dari kalangan keluarga kurang mampu. 

"BLT ini tujuannya untuk membantu meringankan beban keluarga, apalagi saat ini sedang masa pendaftaran murid baru di tahun ajaran 2024 /2025, sudah tentu beban keluarga jadi sedikit meningkat," jeias bupati.

Ikut diungkap Bupati Sabar, bahwa masyarakat Simpang Tonang dan Dua Koto pada umumnya, terkenal dengan semangat ingin maju dan tingginya keinginan untuk bersekolah. 

"Dua Koto banyak menghasilkan orang-orang pintar dan terdidik dan banyak tokoh Pasaman berasal dari Dua Koto," ujar Bupati Sabar AS.

Sebelumnya, Wali Nagari Simpang Tonang Utara Otrinaldi, SPd., dalam laporan singkatnya menjelaskan bahwa kegiatan di Simpang Tonang Utara pada saat itu ada dua agenda, yakni pelayanan administrasi kependudukan oleh Disdukcapil Pasaman dan Penyerahan BLT DD 2024. 

"Alhamdulillah, kedua kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bapak Bupati," ujar Wali Otrinaldi.

Dsampaikan juga bahwa penyaluran dana BLT di Nagari Simpang Tonang Utara diyakini tepat sasaran, karena proses pendataanya sudah melalui prosesnya dan mekanisme yang tepat, dengan prinsip adil dan merata.

"Pendataan warga penerima BLT melalui tahap verifikasi dan musyawarah segenap unsur di nagari. Dan tidak ada satupun request dari wali nagari," ungkap Otrinaldi


 
Top