Kabupaten Solok - Ketua TP PKK Kabupaten Solok  Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP hadiri kegiatan Launching Sekolah Lansia dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita Resiko Stunting di Nagari Sulit Air. Minggu 14 Juli 2024 di Kantor Walinagari Sulit Air.

Kepala DPPKBP3A Maryeti Marwazi dalam sambutanya mengatakan, Kami melaporkan ada dua kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini yaitu Launching Sekolah Lansia dan PMT bagi balita resiko stunting. 

Sekolah lansia ini diinisiasi karena penduduk kita saat lebih dari 10 % adalah lansia, untuk itu BLKBN yang mempunyai mandat untuk membina keluarga terutama lansia dan balita mengusung untuk membuat sekolah untuk lansia. 

Sekolah lansia di Nagari Sulit Air ini merupakan sekolah lansia pertama di Kabupaten Solok

Untuk dosen atau pengajar untuk sekolah lansia ini berasal dari Puskesmas, KUA, serta dari DPPKBP3A Kabupaten Solok. 

Di sekolah lansia ini akan diadakan 6 kali pertemuan yang nanti akan diadakan ujian lalu wisuda. Untuk pembelajaran ada 20 modul yang akan diberikan kepada siswa lansia. 

Pada kegiatan ini juga, Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Solok akan memberikan langsung PMT kepada balita resiko stunting. 

Pemberian makanan tambahan merupakan program khusus Bapak Bupati kita untuk diberikan kepada anak anak balita yang stunting dan beresiko stunting. 

Semoga dengan adanya bantuan PMT ini, stunting di Nagari Sulit Air dapat teratasi dan bisa bebas dari stunting.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP , Pertama kami mengucapkam terimakasih kepada bapak ibu semua karena telah mengundang kami untuk meresmikan sekolah lansia di Kecamatan X Koto Diatas ini. 

Sekolah lansia merupakan salah satu solusi untuk mengatasi lonjakan penduduk yang lanjut usia

Sekolah lansia merupakan program pemerintah yang diperuntukan bagi lanjut usia untuk pembelajaran sehingga memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri dan kecerdasan

Saya berharap proses belajar di sekolah lansia in akan menjadi kegiatan yang menyenangkan serta tidak memberikan beban kepada siswa lansia.  

Ini merupakan sekolah lansia yang pertama di kabupaten solok, untuk itu saya sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu terciptanya sekolah lansia. 

Semoga sekolah lansia ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Kecamatan X Koto Diatas ini. 

Kami juga akan membagikan PMT bagi balita - balita kita di Nagari Sulit Air ini dan semoga PMT ini bisa untuk menekan angka stunting di Kabupaten solok.

 
Top